f

Thursday, December 29, 2016

MotoGP : 'Best Moments' MotoGP 2016 . . .



Toguswan - Mas brader sekalian, pasti pada setuju kan gelaran MotoGP di tahun 2016 adalah gelaran MotoGP paling kompetitif dan menarik. Toguswan sangat setuju, di tahun-tahun sebelum nya, MotoGP terkesan ngebosenin, yang juara seri Loe Lagi-Loe Lagi, yang naik podium Dia Lagi-Dia Lagi, yang apes Ini Lagi-Ini Lagi. Nah di musim 2016 ini berbeda dengan MotoGP di tahun - tahun sebelum nya. . .

Dan bisa dibilang Dorna sukses meng-kompetitifkan MotoGP di tahun ini, menghasilkan sembilan juara seri yang berbeda dalam satu musim dan dengan perubahan regulasi yang ada. Mulai dari penyeragaman ECU, pemasok ban yang berbeda pula, dan beberapa regulasi lain nya. Nah berikut ini Toguswan akan merilis Momen-Momen Terbaik atau Best Moments seperti yang dilansir Crash.net, cekidot. . .

1. Kemenangan Maverick Vinales untuk Suzuki 


Yup, Best Moments pertama inilah kemenangan yang diraih oleh Maverick Vinales. Vinales yang baru dua musim di kelas para raja dan Suzuki yang merupakan pabrikan yang baru saja dua tahun bergabung kembali di MotoGP setelah vakum di 2011 dinobatkan Best Momen terbaik. Vinales menginjak podium satu pertamnya di MotoGP pada GP Silverstone dan sekaligus pula memberikan hadiah buat Suzuki yang terakhir kali meraih podium pertama sejak Chris Vermeulen di tahun 2007 pada GP Le Mans.

2. Kemenangan yang diraih oleh tim Satelit


Tim-tim satelit atau independent team selama ini memang biasanya sebagai tim papan tengah yang terkadang merecoki barisan depan, tapi di tahun ini tim pabrikan tidak boleh meremehkan tim satelit. Karena Dorna membuat regulasi yang tujuannya dapat meyeimbangkan performa tim satelit dengan tim pabrikan. Buktinya yaini, kemenangan yang diraih oleh Jack Miller di GP Assen Belanda dan Cal Crutchlow di GP Brno. FYI, ini merupakan capaian terbaik tim satelit MotoGP yang meraih podium pertama sejak terakhir kalinya tim satelit Fortuna Honda yang kala itu rider nya Toni Elias di tahun 2006 meraih juara seri di GP Estoril Portugal. 

3. Cal Crutchlow mengakhiri penantian panjang 35 tahun orang Inggris podium pertama


Cal 'The British Bulldog' Crutchlow, satu dari beberapa rider Honda yang memenangkan perlombaan MotoGP di musim ini dan satu dari dua rider satelit yang memenangkan podium satu. Kemenangan Crutchlow di GP Brno masuk dalam Best Moments, kenapa ?? Cal merupakan rider Inggris pertama yang memenangkan juara seri MotoGP sejak tahun 1981 yang saat itu diraih oleh Bary Sheene.

4. Rivalitas perang dingin Rossi & Marquez berakhir


GP Catalunya, di balik kesedihan pasti ada kebahagiaan yang terpendam. Inilah yang dapat menggambarkan momen di saat gelaran MotoGP akhir pekan di Catalunya Spanyol. Diawali dengan meninggal nya Luis Salom akibat crash hebat pada saat menjalani free practise, tentu memberi kabar buruk bagi dunia balap khusus nya MotoGP. Namun, kita bisa lihat momen indah di parc ferme dimana Valentino Rossi yang sebelum nya terlibat clash di Sepang tahun lalu dengan Marq Marquez dan berakibat beku nya persahabatan mereka beberapa bulan. Rossi bersalaman dengan Marq yang saat itu Rossi meraih podium satu dan Marq podium kedua. Indah bukan. . .

5. Iannone memberikan kemenangan untuk Ducati.


Seperti yang Matteo Guerinoni sang komentator MotoGP bilang, Ducati seharus nya bersalah mendepak Iannone untuk tahun depan dan selanjut nya. Gimana tidak, Iannone mampu memberi kemenangan untuk tim merah pertama kalinya sejak terakhir kali di tahun 2010. Memang, tim merah sudah mulai kembali kompetitif di barisan depan dengan Honda, Yamaha dan Suzuki, tapi kemenangan ini adalah momen terbaik Ducati setelah masa-masa suram nya di dua tahun belakangan. Bahkan, sekaliber Valentino Rossi dan Nicky Hayden pun tak bisa berbuat banyak buat mesin Desmo.










No comments: