f

Tuesday, December 13, 2016

Berbagai pilihan variator racing Vespa Sprint. . . Dari produk lokal sampai Eropa.

Pict : otomotifnet

Toguswan - Mas Bro sekalian, sebagai informasi yang namanya skutik tenaga yang dihasilkan dari mesin akan diteruskan melalui komponen part yang namanya CVT (Continuos Variable Transmission) sebelum sampai ke gir boks dan kemudian baru ke roda belakang. Nah bagi yang kurang puas dengan performa skutik tunggangannya, bagian ini bisa di upgrade dengan mengganti yang namanya Variator atau Drive Pulley. . .


 Dan  buat yang punya skutik Vespa Sprint di artikel berikut ini ada beberapa pilihan variator mulai dari yang produk lokal sampai produk eropa. Dengan mengganti variator, pengendara bisa memilih antara mencari respons akselerasi cepat atau top speed yang lebih tinggi, namun tidak bisa keduanya yaa. . .


1. SRP
    Dari segi harga yang paling terjangkau, ada pada merk SRP asal Taiwan. Merk yang disuguhkan oleh UltraSpeed Racing ini hanya dibanderol Rp 750 ribu, dan Rp 50 ribu sebagai jasa pemasangannya.
Variator ini berbahan alumunium dengan proses CNC, sehingga presisi. Selain itu jalur roller lebih landai sehingga lebih cepat menggapai rpm tinggi. Variator ini lebih mengincar akselesrasi, lebih cepat ketika stop and go.


2. Seventeen Garage
    Berikutnya ada buatan lokal yang ditawarkan oleh Seventeen Garage, salah satu bengkel spesialis Vespa yang ada di bilangan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan. Variator ini dijual seharga Rp 1 juta sudah berikut roller 10 gram dan juga jasa pemasangan.
Variator ini punya kemiringan yang berbeda serta jalur roller yang lebih landai. Di desain untuk mengejar akselerasi dan dengan bushing tengah kuningan.


3. Malossi
    Selanjutnya ada Malossi, brand asal Italia, sama dengan merk motornya. Namun yang merk ini jelas cukup mahal, seharga Rp 2,2 juta.
Variator ini dijual sepaket dengan torque spring dan roller. Roller-nya diberikan 2 pilihan yaitu 9 gram dan 13,5 gram. Sedangkan torque spring punya spesifikasi kekerasan 2500 rpm. Sudut nya 13,7° sehingga membuat nya lebih enak pada putaran rendah. Namun dimensi roller berbeda dengan standard nya yakni 20 x 17, sedangkan standard nya 19 x 17.


4. Polini
    Produk ini sudah melekat dengan dunia vespa. Sama seperti Malossi, variator ini dijual dalam bentuk paketan, bahkan Polini punya 2 pilihan paket sekaligus.
Paket pertama variator lengkap dengan flywheel, roller 12 gram serta grease khusus, paket variator ini dijual seharga Rp 2,9 juta.
Variator berikut nya tidak dilengkapi flywheel, tapi diganti torque spring yang punya kekerasan 2000 rpm, roller juga diberikan 2 pilihan, yaitu 9 gram dan 13,5 gram. Spek nya punya kemiringan 14°, karakter nya lebih enak pada putaran tengah ke atas,

Semoga berguna mas bro. . . (Toguswan)



No comments: