f

Sunday, December 04, 2016

Suzuki akan banyak libatkan R & D Indonesia !!!


Toguswan - Mas Brad, Toguswan mengutip dari blogger idola yaitu iwanbanaran.com, kabarnya setelah doi bertemu dengan petinggi Suzuki, materi tentang pabrikan ini bayak banget. Salah satu obrolan yang cukup menarik dari pertemuan itu adalah informasi bahwa Suzuki Indonesia akan banyak melibatkan R & D orang Indonesia. Dan yang menggembirakan adalah prinsipel Suzuki Jepang sudah setuju tentang ini. Wahh menarik ini . . . 


Pernyataaan tersebut dilontarkan langsung oleh bos besar PT SIS yakni Seiji Itayama saat diskusi dengan lek IWB. Sebagai orang nomor dua Jepang di Suzuki Indonesia, Itayama San begitu semangat. Kuatnya keinginan untuk bangkit terlihat dari cara bicara, tatapan mata dan nada bicaranya. 

IWB : Sebenarnya gampang koq Itayama san supaya brand Suzuki dilirik kembali. Berikan sebuah produk yang membuat biker berkata “Wooowwww…”. Jangan nanggung dan racik produk yang selangkah lebih maju dari lainnya. Dan untuk melakukan itu Suzuki harus fokus menggedor disegmen sport dahulu. Karena kalau matic akan sulit menarik perhatian. Contoh simpelnya….FXR150. Di eranya…motor Suzuki tersebut membuat semua berdecak kagum….
Speedo full digital, swing arm banana…power besar, desain keren. Nah…sekarang Suzuki menurut saya malah cenderung agak telat. Contoh GSX-250R. Swing arm masih kotak disaat brand lain model banana, mesin SOHC disaat brand lain sudah DOHC, lampu bohlam biasa bukan LED. Suspensi teleskopik padahal kedepan tren model up side down (inverted teleskopik). Hal-hal tersebut mungkin simpel tapi untuk segmen ini sangat mempengaruhi orang untuk beli (doi mendengarkan dengan seksama). Rasanya berat bersaing dengan mereka jika dibawa ketanah air. Kecuali pricing (GSX-250R) dibuat jauh dari kompetitor….
Itayama san : Hhhmm…begitu ya. Tapi matic kita akan tetap harus fokus pak Iwan. Sebab bagaimanapun volume penting. Tentang desain dan produk sebenarnya saya sudah dipercaya penuh dapat mandat untuk mengalihkan perhatian dan fokus diroda dua. Kita ingin bangkit. Suzuki roda dua ingin bangkit dan kita serius. GSX 150 ini baru awal sebab proyeksi kita akan memberikan banyak line up diIndonesia kedepan. Apalagi GSX ini sangat bagus…produknya bagus. R & D memang harus banyak melibatkan orang Indonesia karena mereka lebih tahu taste biker Indonesia. Dan menurut saya memang harus begitu. Pusat sudah setuju soal ini….
Wanjirr seneng juga Toguswan denger nya, sebagai salah pecinta Suzuki motor Toguswan tentunya cukup gembira dengan kabar ini. Walau hasil akhir harus masuk ke Jepang, namun jika R & D akan banyak melibatkan orang Indonesia Toguswan yakin rasanya juga berbeda. Seperti yang kita tahu, Honda dan Yamaha saat ini sudah banyak menjadikan Indonesia sebagai benchmark untuk urusan desain.
So, kita gembira di tangan Itayama San, Suzuki sudah memiliki mindset tersebut. Ketika petinggi Jepang sudah aware soal ini, lamabat lauan seharusnya perubahan akan terasa. Semoga saja . . . (Toguswan)

No comments: